Cara buat stiker sendiri dengan kertas hvs

Cara buat stiker sendiri dengan kertas HVS – Stiker adalah gambar yang bisa kita pasang pada barang tertentu. Stikernya lengket karena ada stiker dibelakang gambarnya. Stiker juga merupakan salah satu perlengkapan promosi dan dekorasi terpopuler di Indonesia. Karena biayanya bervariasi dan paling murah, selain desain yang bisa menemani kreativitas kita.

Label dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu perekat transparan dan raket buram. Label transparan berguna agar objek yang kita tempelkan bisa terlihat jelas di dalamnya.

Saat membuat label, kita dapat melakukan ini dengan beberapa cara. Masing-masing metode pembuatan label ini memiliki pro dan kontra. Cara membuat stiker dengan sablon, membuat label dengan cetak offset atau cetak digital.

Namun bagi yang ingin membuat stiker sendiri di rumah langsung saja melihat-lihat dan terapkan cara mudah membuat stiker tersebut.

Langkah-langkah tentang cara kerja stiker

Sebelum Anda memulai dengan metode pencetakan label, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana proses pencetakan perekat biasanya dilakukan di penyedia layanan digital printing Anda sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran umum prosesnya.

Pada digital printing, printing adhesive biasanya menggunakan bahan vinyl format besar, biasanya A3 keatas (A2, A1, dsb), untuk menyesuaikan kapasitas cetaknya.

Awalnya, desain stiker akan dikonfigurasi di komputer dengan program khusus, atau Anda juga dapat menggunakan program seperti Corel Draw, Photoshop dan sejenisnya, yang umumnya sesuai dengan ukuran kertas stiker yang digunakan untuk mencetaknya. Akan.

Setelah itu proses pencetakan akan bekerja seperti proses pencetakan biasa yang biasa kita lakukan dengan printer di rumah maupun di kantor, bedanya printer yang digunakan dengan media cetak.

Kemudian, stiker yang dicetak pada vinil akan mendapatkan lembaran jadi, jika perlu, dan mengembalikannya ke plotter jika perlu dipotong.

Proses pemotongan ini biasanya akan dikonfigurasi menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengatur tepi gambar yang akan digambar ulang pada komputer sehingga terbentuk garis pemotongan.

Dengan uraian tersebut tentunya Anda dapat melihat bahwa dalam proses pencetakan label dari penyedia jasa digital printing, alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • komputer atau laptop
  • Program pencetakan stiker
  • Jadwal mesin potong
  • Mesin cetak label
  • Mesin laminating

Label mesin pemotong (kami merekomendasikan mesin pemotong seri rhinotec rc xa, yang merupakan penghitung otomatis)

Ini jelas tidak termasuk bahan mentah esensial seperti tinta, poliflex untuk pencetakan dan lapisan matte atau glossy untuk laminasi.

Mengetahui proses cetak label yang biasa dilakukan di penyedia jasa digital printing ini, Anda bisa menebak-nebak apa yang Anda perlukan jika ingin membuatnya sendiri.

Printerous – Tutorial untuk memotong label dengan printer biasa

Untuk membuat label sendiri, Anda tidak perlu menyediakan peralatan untuk layanan pencetakan digital, tetapi Anda dapat memilih untuk menggunakan printer inkjet atau laser di rumah atau kantor Anda, bersama dengan beberapa perangkat sederhana lainnya.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa cara untuk membuat stiker sendiri, termasuk yang bisa Anda sesuaikan dengan budget atau kebutuhan sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mencetak label yang sebenarnya bisa diproduksi dengan biaya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *