Lagu Daerah Indonesia

tips memilih lagu daerah jawa

 

 

 

 

 

 

 

Lagu daerah jawa timur – Kebanyakan lagu yang dinyanyikannya tidak terlalu banyak melekatkan logat asli daerah. Namun begitu, ia tetap mendengarkan lagu-lagu daerah untuk meminimalisasi hambatan karena logat. Maka dari itu, tidak aneh apabila Indonesia memiliki lagu daerah yang sangat bermacam.

Nyanyian Cendol Dawet itu disambut meriah oleh pra siswa. Mereka ikut mendendangkan lagu Cendol Dawet melalui lancar. Para siswa berlomba melantunkan syair lagu tersebut dengan suara lantang di dalam video viral unggahan administrator.Dia menyebut telah lama mengimpikan sebuah lagu daerah untuk dinyanyikan.

Mereka gak hanya menyanyikan satu atau dua lagu daerah. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyanyikan belasan lagu etnis Batak pada konser musik internasional pada Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, beberapa waktu lalu. “Kira-kira 14 hingga 15 lagu Batak, inch kata Tasha, vokalis adunare band ini. Yang juga menantang bagi suami Sabria Kono ini adalah upaya untuk tetap menonjolkan karakter musiknya dalam menyanyi. Ia mengaku tak kesulitan pada mengikuti logat penutur asli.

Nah sekarang saatnya mengabarkan kembali setiap wilayah punya lagu, pemerintah harusnya juga punya peran di dalam hal itu. Makanya ya dengan Kuaetnika itu menentukan lagu-lagu daerah untuk diaransemen kembali. Mama tentu sudah jarang menemukan lagu anak-anak yang pas didengar di masa sekarang ya.

Yuk simak ulasan lagu daerah Indonesia dari thirty four provinsi berikut ini. Selain itu, pencipta dari lagu daerah Indonesia pun umumnya anonim atau tidak dipahami. Meski begitu, lagu kota tetap populer karena hampir sering dinyanyikan oleh masyarakat wilayah setempat, maupun masyarakat lain yang tinggal diluar kota asal terciptanya lagu ini.

Sesuai dengan namanya, lagu daerah merupakan sebuah lagu yang berasal dari suatu daerah, dan biasanya mempunyai tema kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Lagu daerah di Indonesia itukan banyak, tapi kalo kita lihat, lagu-lagu daerah dalam bentuk kaset dan buku ya lagu itu-itu lagi yang sering dijual. Padahal, provinsi lain punya juga lagu ramah, tapi belum dipopulerkan serta disuguhkan.

Saya rasa juga pengaruh informasi, kita bisa mendengarkan beragam paduan suara di seluruh dunia lewat Youtube. Di masa saya, untuk mendapatkan partitur lagu dan CD paduan suara susah. Untuk mengubah paradigma itu, Avip lalu paduan suara mahasiswa dalam Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, rutin mengadakan konser yang menyelipkan lagu-lagu popular di repertoarnya. “Sayang banget anak zaman sekarang enggak kenal lagu daerahnya. Orang tuanya mungkin sudah enggak tahu, ”.

Peran serta arranger muda dalam mengomposisi musik paduan suara menyajikan eksplorasi tak terbatas. Seperti beragam jenis bahasa sehingga menirukan instrumen atau bunyi-bunyian alam seperti angin serta binatang. “Ini salah 1 indikasi musik paduan suara semakin diminati.

Agak susah sepertinya memperdengarkan lagu daerah untuk anak  di rumah. Walau nama belakangnya mencerminkan keturunan jamaah Batak, namun lagu daerah pertama yang dilantunkannya malahan berbahasa Jawa, yaitu Wolak-walik Jaman. Selain itu, wujud beberapa lagu berbahasa Jawa lainnya, seperti Nggo Kowe dan Romo Ono Maling. Uniknya, dia tidak hanya membawakan lagu-lagu dengan 1 bahasa daerah saja. Ada puluhan lagu dengan penjuru bahasa daerah yang sempat dibawakannya, mulai dari Jawa, Bata, Melayu, Minang, Gorontalo, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *